Tips Tidur Sehat :-)

Apakah Anda “penggemar” tidur ? eh tentu saja :) Bukan penggemar, tapi yang jelas butuh tidur… Siapa yang tidak perlu tidur ? Tubuh kita adalah suatu mesin organik yang sangat istimewa. Ia memiliki mekanisme biokimiawi yang sangat kompleks. Tubuh kita memiliki timer yang mengatur jam berapa kita harus merasa lelah, dan jam berapa kita harus terjaga kembali. Orang yang kesehatan tubuhnya baik memiliki metabolisme yang bekerja secara optimal. Untuk mencapai metabolisme optimal itu, salah satunya diperlukan teknik tidur yang sehat.

Tahukah Anda apa saja tips tidur yang sehat ? Ini dia tips nya.

  1. Usahakan agar selalu tidur pada waktunya. Body timer kita akan bekerja dengan optimal ketika kita menepati jadwal tidur dan bangun yang teratur. Demikian pula pada saat bangun tidur, pengeluaran adrenaline pada tubuh kita akan senantiasa terjadi pada waktu yang sama, sehingga kita akan bangun dengan lebih segar.
  2. Sebisa mungkin, rutinkan olah raga. Dengan melakukannya secara teratur kita menetralisir ketegangan fisik dan fikiran dengan cara yang lebih sehat.
  3. Ciptakan suasana tidur yang nyaman, jaga cahaya, kelembaban dan suhu udara kamar tidur.
  4. Lakukan ritual tidur yang menenangkan seperti berdoa, membaca bacaan ringan, dan memikirkan yang indah-indah.
  5. Hindari memikirkan masalah pekerjaan dan beban pikiran yang berat pada saat hendak tidur. Hal ini akan terbawa pada alam bawah sadar kita, sehingga tubuh kita gagal memasuki fase “deep sleep”, sehingga meskipun waktu tidur kita lama,  tapi tubuh kita tidak beristirahat optimal.
  6. Hindarkan kejadian tidur karena kelelahan.
  7. Jangan tidur pada selain jamnya.
  8. Jangan tidur dalam keadaan lapar dan kekenyangan… karena keduanya akan menganggu tubuh kita beristirahat dengan baik, sehingga bangunnya pun akan terganggu.

Gampang kan? Nah, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

9 thoughts on “Tips Tidur Sehat :-)

  1. Pak dokter, sptnya point2 diatas pada ngga pas ama saya..saya msh punya anak balita yg suka ngedot pas tengah malam shg saya hrs bangun beberapa kali utk bikin susu. Saya keseringan tidur karena ngantuk & kelelahan sehingga disaat saya lapar lebih baik tidur tuh… saya mulai kesusahan dapat wkt utk olah raga, biasanya saya rutin..saya pulang kerja sore jam 17.30an, nyampe rumah dah ngurus sikecil/rumah meski ada pembantu tapi saya banyak handle pekerjaan RT sendiri..shg saya benar2 kelelahan dan biasanya setelah sholat magrib langsung baring2 sambil nonton TV sebentar dan langsung tidur karena jam 10an dan jam 2an hrs bangun bikin susu..keluhan saya yang palig sering adalah sering sakit kepala yang teramat sangat bila kurang tidur atau lagi tidur dibangunkan tiba-tiba (kagetan)..ini sering saya alami, memang sebaiknya diobati dengan istirahat tanpa diganggu (tidur) tapi tidak bisa..maklum ada sikecil..akhirnya saya makan obat Panadol..dan tidur! kalau saya tidak makan obat biasanya bisa muntah saking pusingnya kepala saya..benarkah langkah saya ini dok?

  2. Dear Emma R. Sidiyanto. Apa kabar ? Masih sakit kepala sekarang ?
    Yaaaah… memang untuk yang punya anak kecil… bisa dimaklum kalau waktu tidurnya tidak normal. Tapi jangan salah, kita para dokter pun juga punya kebiasaan tidur yang ajaib untuk orang awam. Terkadang dalam 4 jam session tidurnya terbagi jadi 2, 3, atau bahkan 4. Nah lho?…
    Ada kuncinya, yang penting kita mencapai “deep sleep” sehingga tubuh kita melewati suatu fase awal tidur yang disebut R.E.M (Rapid Eye Movement). Relaksasi otot yang optimal bisa tercapai secara kumulatif ketika kita memasuki fase tidur dalam (deep sleep) ini. Jadi umpamanya Anda terjaga 3x, anggaplah tidur -deep sleep- Anda 3 x 20 menit, maka efektif waktu tidur yang benar-benar tercapai adalah 60 menit. Gimana bisa begitu ? Yah perlu latihan memang. Beberapa tips di situ masih bisa dipakai kok. Contohnya olah raga teratur, meskipun ringan dan pendek durasinya, tetap berpengaruh mengantar kita lebih cepat ke fase deep sleep. Jadi, jangan buru-buru ditinggalkan seluruhnya tips tersebut ok?
    Setiap hari minum panadol tentu tidak baik bagi kesehatan… perlu disikapi dengan cara-cara lain yang lebih aman, seperti mengganti jadwal minum susu anak, menyiapkan susu lain yang lebih mudah disiapkan, dll. Nanti biar istri saya yang kasih tips nya :)

  3. Dr. Arief,

    Thanks for the tips:)… I’ll be keeping those in mind.

    Pernah suatu kali tidur bergadang 3 hari-an, tubuh jadi benar2 lemah and mudah terserang sakit.

    Btw, dokter.. apakah bener durasi tidur tiap orang itu berbeda2; normalnya kan 8hours, tapi ada orang yang bisa tidur 6hrs, or bahkan sampai 4 hours. Nah, utk mereka yang less than 8hrs, ini sehat gak Dok?
    Saya sendiri, sudah terbiasa tidur 7-8 jam.

    Thanks.

  4. To : Dr. Arief
    Thank ya dok, atas infonya, tapi saya bingung point 6 nya, maksudnya gimana ? Kita tidur kan karena kelelahan, bila kita lakukan hal pada point 6, apa yang akan terjadi ?

  5. Dear Mank. Apa kabar ?
    Maksudnya kita sebisa mungkin menghindari dari kondisi kelelahan yang membuat kita tertidur. Beberapa teori menyebutkan bahwa kalau kita tertidur gara-gara kelelahan, fase-fase tidur tidak dapat tercapai secara optimal, disamping biasanya orang tidur kelelahan tidak dalam posisi tidur yang baik (sambil duduk, tidak pakai bantal yang pas, posisi mulut terbuka, dll); sehingga kedua faktor itu menyebabkan keadaan bangun tidur tidak fresh.

  6. Yeah, saya sependapat dengan penelitian tersebut. Jam terbaik untuk tidur adalah sehabis tengah hari (sebentar) dan malam hari (sisanya). Jam terburuk untuk tidur dan terbukti menyebabkan kepikunan adalah sore hari.
    Kebutuhan tidur berpapasan langsung dengan aktivitas harian seseorang. Ketika seseorang tidur berlebihan (melebihi porsi aktivitasnya), maka kadar pengendapan darahnya akan lebih tinggi karena darah bukanlah zat cair.

  7. Dokter saya 30 tahun, semula saya sakit diare hingga akhirnya kena maag dan ditambah flu, sekarang saya jadi susah sekali tidur pikiran saya selalu was-was, apakah ini pengaruh obat yang saya minum? pengen sebenarnya olah raga tetapi badan masih lemas..

Comments are closed.