Tips Tetap Fit di Musim Hujan

Musim hujan tak kunjung reda… Di negara kita, musim yang satu ini tergolong sulit karena sering diasosiasikan dengan banjir, flu, macet, juga jam karet. Meski begitu, kehidupan harus tetap berjalan. Jangan sampai hujan membuat kegiatan Anda terhambat.
Meski secara kalender seharusnya saat ini hujan telah reda, justru sekarang kita banyak mengalami hujan yang datang tiba-tiba, dari yang kecil hingga badai disertai puting beliung. Kini saatnya Anda mempersiapkan kembali semua perlengkapan musim hujan Anda. Keluarkan jaket dari lemari, begitu juga jas hujan, dan payung. Meski terkadang matahari tampak bersinar, bisa-bisa dalam hitungan menit awan gelap kembali datang dan tiba-tiba hujan pun mengguyur. Daripada Anda terjebak di suatu tempat tanpa persiapan, lebih baik bawa selalu perlengkapan ‘anti hujan’ Anda.
Di musim hujan seperti ini, sinar matahari yang biasanya bisa membunuh kuman kini terhadang awan gelap. Banjir atau air yang telah lama tergenang pun dapat menimbulkan banyak penyakit. Flu, diare, dan demam berdarah pun mengintai Anda. Karena itu, Anda harus tetap fit dan menjaga daya tahan tubuh Anda. Bagaimana caranya? Ini dia tips nya…

Banyak minum air putih

Air putih adalah zat detoksifikiasi alami yang murah meriah dan mudah didapat. Air putih juga membuat kulit tampak segar dan tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Cukup istirahat

Kurang tidur akan menyakiti tubuh Anda dan tidak memberikan organ tubuh Anda kesempatan untuk merecharge sel-sel mereka. 6-8 jam adalah waktu ideal yang bisa Anda berikan untuk tidur setiap harinya.

Hindari virus masuk ke tubuh Anda

Pastikan Anda senantiasa ‘higienis’ sepanjang hari. Cuci tangan Anda setiap sebelum makan, sehabis dari toilet, dan setelah melakukan kegiatan apapun. Jika Anda baru kembali dari luar ruangan, cuci baik tangan dan kaki Anda. Hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan, karena penelitian mengatakan bahwa kuman biasanya masuk lewat hidung atau mulut Anda. Siapkan cairan pembersih antikuman setiap saat, terutama saat keluar rumah.

Jangan makan sembarangan

Hindari tempat penjualan makanan yang kurang terjaga kebersihannya. Perbanyak serat dan makan makanan yang mengandung vitamin. Kalau perlu, tambah dengan multivitamin.

Pastikan Anda cukup hangat

Ini berkaitan dengan kenyamanan Anda. Jika Anda kehujanan dan kedinginan, Anda akan merasa lemah dan sugesti ini membuat Anda benar-benar terserang penyakit. Kenakan jaket atau pakaian yang tebal untuk melindungi tubuh dari suhu dingin. Kalau Anda harus menerjang hujan, gunakan payung atau jas hujan. Jika Anda suka, boleh juga membalurkan minyak kayu putih di tubuh. Untuk menghangatkan tubuh dari dalam, semangkuk sup hangat atau segelas jahe boleh juga dicoba.

Jemur pakaian sampai kering

Cucian yang tak mau kering adalah kendala di musim hujan, karena matahari seakan tak mau bersinar. Meski begitu, cari cara agar cucian Anda bisa kering sepenuhnya. Pakaian yang lembab berarti masih menyimpan air dan bisa jadi sarang bakteri.

Tetap berolahraga

Walaupun olahraga outdoor jadi berkurang intensitasnya karena cuaca yang tidak bersahabat, Anda bisa mencoba aneka olahraga yang bisa dilakukan secara indoor, seperti senam aerobik dengan panduan video, sit up, atau skipping (lompat tali).
Lebih baik mencegah penyakit daripada mengobati. Karena Anda butuh energi lebih untuk menghadapi segala kemungkinan yang muncul di musim hujan ini, maka lebih baik Anda memastikan bahwa tubuh Anda dalam keadaan terbaiknya. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari pun bisa dilakukan dengan lancar, tak peduli hujan menghadang.