Tips Mengatasi Keringat Berlebih

Panas euy....

Apakah Anda sering bermasalah dengan keringat? Keringat yang berlebihan dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, kurang percaya diri, dan bahkan membuat malu…. apalagi ketika keluarnya pada saat yang tidak tepat, seperti wawancara kerja, meeting dengan boss, ohhhh…..

Biasanya keringat akan mengalir deras disaat cuaca panas atau ketika Anda merasa tegang dan gelisah. Diperlukan beberapa strategi khusus untuk dapat menghentikan atau setidaknya mengurangi kelebihan keringat tersebut. Berikut tips efektif yang bisa Anda lakukan sebagai tindakan pencegahan :

Hindari mengkonsumsi makanan pedas.

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam makanan pedas dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga otak bereaksi cepat dan mengeluarkan keringat berlebih. Karena itu hindari asupan jenis makanan ini, jika tak ingin tubuh berkeringat dan menimbulkan bau tak sedap.

Diet yang tepat disertai dengan olahraga di yakini dapat mengurangi keringat berlebih.

Umumnya mereka yang mengalami obesitas cenderung mudah berkeringat dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal. Asupan makanan yang berlebih ditengarai sebagai pemicunya. Makanan tersebut sulit dicerna sehingga metabolisme tubuh bekerja lebih keras dan suhu tubuh pun memanas. Mulailah mengganti menu makanan tidak sehat Anda dengan berbagai jenis sayur-mayur dan buah-buahan, agar tubuh mudah mencernannya.

Minuman berenergi dan kopi dapat menyebabkan masalah keringat.

Bahkan kedua jenis minuman ini diyakini dapat mempercepat laju sistem saraf, yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu disarankan sebaiknya Anda mengurangi jumlah asupan kopi, maksmial 2 kali dalam sehari.

Mengkonsumsi buah anggur adalah metode herbal yang patut dicoba untuk mengurangi pengeluaran keringat.

Buah anggur diklaim memiliki kemampuan untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jus anggur sama baiknya dengan jus tomat yang berfungsi untuk menghilangkan keringat secara alami.

Kenakan busana yang terbuat dari bahan non-sintesis.

Bahan kantun atau kaos dapat menjaga sirkulasi udara sehingga tubuh mudah bernapas. Jenis bahan ini juga dapat menyerap keringat berlebih, sehingga menghindari tubuh dari bau tak sedap.

Gampang bukan? Nah, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

14 thoughts on “Tips Mengatasi Keringat Berlebih

  1. dok, mau tanya nich. saya punya keluhan keringat berlebih di telapak tangan & kaki btw itu bisa di sembukan atau tidak ? karna sangat menggangu aktifitas saya nich dok. minta sarannya, terima kasih

  2. @ Mac
    Keringat berlebih pada telapak dapat disebabkan karena beberapa macam hal, mulai dari faktor psikis hingga keadaan kelainan fisik seseorang. Secara umum masih banyak cara untuk mengatasi problem kelebihan keringat pada telapak tangan / kaki; mulai dari cara sederhana dengan memberikan resin / powder hingga cara yang invasif seperti operasi kelenjar keringat pada daerah yang hiper aktif tersebut. Untuk mengetahui terapi yang tepat diperlukan kepastian terlebih dahulu apakah penyebabnya. Bila disebabkan oleh faktor psikis, maka terapi yang diambil adalah terapi pada zona psikis tsb seperti anti kecemasan dan sejenisnya; namun pada faktor kelainan fisik terapinya pun diarahkan untuk menyelesaikan kelainan fisik tersebut.

  3. Dok, saya ingin b’tanya u/ operasi kelenjar keringat d ketiak biaya sekitar brp (kira2) karena saya sangat terganggu dgn keringat saya. mohon jawaban secepatnya, atau melalui email saya. trimaksh. salam..

  4. dok umur saya baru 16 thn tapi saya sudah punya masalah dengan bdan saya terutama dengan keringt yang berlebihan di ketiak.keadaan ini membuat saya menjadi minder dan kurang percaya diri di saat melakukan aktvts.apa lagi kaaaalau memakai bju yg berwarna mencolok.dan sekarang saya lebih banyak mengoleksi baju berwarna gelap agar keringt tidak terlihat oleh orang lain
    tolong bantu saya……………

  5. dok, mau nanya ni, sy ibu umur 29 thn, masalah keringat berlebih di seluruh badan betul2 menggangguku utamanya bagian kepala dan ketiak dan ini muncul setelah saya melahirkan, kata org itu biasa tp anehnya anakku sdh umur 8 bln tapi kenapa blum jg sembuh, terkadang krn sy pake jilbab rambut serasa habis keramas, apa ini bahaya??? mohon jawabannya dok, terima kasih

  6. @ Ana : Terkadang setelah seseorang hamil atau melahirkan terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih tinggi atau lebih rendah. Hal ini normal, namun sering kali mengganggu. Salah satu gangguannya adalah berlebihannya keringat pada bagian-bagian tertentu dari tubuh. Adakalanya perubahan ini sementara, dan adakalanya menetap. Bila dirasa mengganggu, kita perlu melakukan sesuatu (berobat), tentunya harus dilakukan pemeriksaan laboratorium yang spesifik dan menunjang ke arah keluhan yang disebutkan.

  7. saya mau bertanya, kenapa keringat yang dikeluarkan oleh keti saya selalu deras ya?
    pagi hari pun keringat keti saya sudah keluar, padahal pada saat itu saya sedang tidak merasa gerah.
    dan keringat keti saya mengeluarkan bau yang sangat menyengat. dan saya ‘sangat merasa tidak nyaman’ dengan hal tersebut.
    kira – kira apa penyebab banyaknya keringat keti saya ya?
    dan apakah tawas betul – betul bisa mnghilangkan bau keti dan mengurangi keringat keti yang berlebihan?

  8. dok, saya mau bertanya, kenapa keringat yang dikeluarkan oleh keti saya selalu deras ya?
    pagi hari pun keringat keti saya sudah keluar, padahal pada saat itu saya sedang tidak merasa gerah.
    dan keringat keti saya mengeluarkan bau yang sangat menyengat. dan saya ‘sangat merasa tidak nyaman’ dengan hal tersebut.
    kira – kira apa penyebab banyaknya keringat keti saya ya?
    dan apakah tawas betul – betul bisa mnghilangkan bau keti dan mengurangi keringat keti yang berlebihan?
    terimakasih

    saya sangat butuh jawabannya..

Comments are closed.