Tips jitu untuk mencapai berat badan ideal :)

Mengurangi berat badan harus dilakukan dengan mengurangi kalori dan meningkatkan aktivitas fisik. Juga sebaiknya menghindari program diet ketat yang menjanjikan dengan cepat atau mudah menurunkan berat badan.
Menurunnya berat badan dalam diet ketat biasanya disebabkan karena kekurangan air dan melemahnya kondisi tubuh. Program diet ketat mungkin hasilnya lebih cepat, tetapi bukan berarti tidak ada efek sampingnya terhadap kesehatan.

Tips untuk berat badan ideal:

  1. Kehilangan berat badan 0.5-1 kg seminggu, dibolehkan asal tidak mengganggu emosi, kelelahan, dan daya tubuh melemah. Ini dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah kadar asupan kalori setiap hari sampai 500 kalori dan meningkatkan aktivitas fisik… kedengarannya berat ? memang :)
  2. Pilih berbagai makanan dari seluruh kelompok makanan di tingkatan panduan makanan sehat (Food Guide Pyramid). Jangan memblok kalori terlalu rendah. Karena hal ini dapat memperlambat metabolisme dan sulit untuk mengkonsumsi gizi yang diperlukan untuk kinerja dan kesehatan.
  3. Jangan sampai telat makan. Asupan makanan secara teratur, atau makan tiga kali sehari, adalah penting untuk bahan bakar tubuh. Selain itu, jangan menunggu lapar karena bisa membuat anda nantinya kebanyakan makan.
  4. Makan makanan dengan porsi yang sedikit. Penurunan porsi makanan anda akan membantu mengurangi jumlah kadar asupan kalori.
  5. Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Selain air, es teh tawar dan minuman non kafein dapat membantu mengurangi jumlah kadar asupan kalori setiap hari dan membantu anda untuk tetap tidak kekurangan air.
  6. Makan dengan perlahan-lahan. Tubuh butuh penyesuaian terhadap makanan untuk dimakan dan mengirim sinyal kenyang ke otak. Makan perlahan membantu mencegah dari kebanyakan makan.
  7. Memilih makanan rendah lemak dapat membantu mengurangi berat badan dan mengurangi total asupan kalori. Mengisi makanan alami dalam kadar serat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, kacang, dan seluruh biji-bijian, dan membatasi lemak tinggi seperti keju, mentega, minyak, seluruh susu, daging merah, dan makanan manis.
  8. Jangan hentikan memakan makanan berlemak. Banyak atlet merasa bahwa asupan lemak adalah masalah bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Meskipun kelebihan lemak bisa menyebabkan berat badan bertambah tetapi sejumlah lemak diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kinerja kita.
  9. Makan makanan yang lebih banyak sebelum melakukan aktivitas yang besar pada siang hari, dan makan makanan kecil di malam hari. Biasanya malam hari sangat minim kegiatan, jika makan banyak pada malam hari akan menjadi penimbunan lemak di tubuh. Lihat pola makan 3-2-1 di sini.
  10. Makan makanan favorit anda secara bertahap. Jika anda menolak makanan berlemak favorit anda, biasanya anda akan cenderung lebih menginginkannya dan akhirnya memakannya secara berlebihan. Setiap makanan baik untuk dimakan namun makanlah dengan porsi secukupnya.

Terakhir… seperti biasa, saya doakan semoga sukses adanya :)