Kini Tulang Bisa Diperpanjang….

Tahukah Anda bahwa kini tulang bisa di perpanjang ? Tentu konteks yang dimaksud ini bukanlah diperpanjang untuk keperluan peninggian badan, tapi untuk keperluan mengembalikan posisi tulang ke panjang semula. Dulu ketika terjadi suatu cedera yang permanen pada salah satu tungkai, perbaikannya kadang-kadang menimbulkan pemendekan atau pembengkokan. Khususnya di Indonesia, di mana terapi dengan dukun patah tulang lebih populer dari pada dokter ahli ortopedi, sering kali timbul penyulit… dan baru setelah keadaannya parah / irreversible baru datang ke dokter.

Teknik pemanjangan tulang ini diperkenalkan pertama kali oleh seorang dokter dari Rusia, bernama Prof. Dr. Gavril Abramovitch Ilizarov. Tekniknya dikenal dengan Ilizarov Bone Lengthening Technique. Dia adalah anggota dari Russian Academy of Science. Dia mengembangkan teknik pemanjangan tungkai yang saat itu disebut sebagai teknik External Fixator System. Teknik ini dipopulerkan pada tahun 1950 an, dan diperkenalkan ke dunia Barat oleh professor A. Bianchi-Maiocchi.

Ilizarov menemukan bahwa dengan cara memisahkan tulang sedikit lalu di fiksasi pada tempatnya; tulang dapat diperpanjang sesuai dengan yang diinginkan. Awalnya fixator external yang kemudian dikenal sebagai Ilizarov Apparatus itu dibuat dari spare part sepeda (wah…), kemudian dipatenkan menjadi sebuah standar baru dalam dunia ortopedi. External fixator ini kemudian dikembangkan menjadi bentuk lain yang disebut sebagai Taylor Spatial Frame yang lebih mudah digunakan, namun sayangnya lebih mahal.

Selain untuk memanjangkan tulang, teknik ini digunakan juga untuk mengoreksi kelainan bentuk (deformitas) tulang. Suatu kemajuan yang hebat dalam dunia kedokteran ortopedi. :)