Cacar Air?…. Bahaya nggak ?

Cacar Air, dalam bahasa Inggris disebut sebagai Chickenpox, atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai Varicella. Penyakit yang sangat menular ini disebabkan oleh virus bernama Varicella Zooster Virus (VZV).

Penyakit ini punya gejala yang khas, muncul biasanya di tubuh bagian tengah dulu, kemudian ke kepala dan tangan serta kaki. Keluhannya mula-mula timbul gatal dan muncul gelembung kecil-kecil seperti jerawat yang disebut vesikel. Bila tidak sampai pecah, kelainan kulit ini dapat sembuh sempurna tanpa bekas.

Masa penyerangan virus ini adalah 10 – 21 hari (2 – 3 minggu), dan menyebar melalui jalur udara, melalui mekanisme droplet (butiran mikroskopik) yang berasal dari saluran napas seseorang yang terinfeksi penyakit ini kepada orang lain. Penyakit ini juga dapat menular melalui kontak langsung dengan cairan dalam gelembung di kulit penderitanya. Seseorang yang pernah mengalami cacar air biasanya memiliki kekebalan seumur hidup terhadap cacar air…. tapi sialnya penyakit ini bisa kambuh kembali dalam bentuk penyakit lain. Seperti nama virusnya, varicella-zooster virus, seseorang dapat terjangkit kembali di kemudian hari bukan dalam bentuk cacar air (varicella), melainkan dalam bentuk herpes.

Penyakit ini jarang berakibat fatal, dan sering lebih berat gejalanya pada orang dewasa dibandingkan pada anak-anak. Wanita hamil dan orang-orang yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuhnya memiliki resiko komplikasi serius yang lebih besar.

Seseorang dapat tertulari penyakit ini melalui kontak langsung dengan udara yang mengandung droplet virus dari bersin atau batuk seseorang yang terkena. Bersentuhan dengan cairan dalam vesikel kulit penderita juga bisa tertular. Seorang yang menderita cacar terutama sangat menular sejak hari pertama hingga hari ke lima sebelum munculnya bisul kecil-kecil berisi cairan di kulit.

Kelainan kulit pada penyakit ini dimulai dengan benjolan kemerahan kecil-kecil berdiameter 2 – 4 mm yang tepinya tidak rata. Dari puncak benjolan itu kemudian muncul lapisan tipis berisi cairan seperti tetesan embun. Meski tampaknya indah (seperti tetesan embun :) ), tapi tentu penderitanya tidak nyaman dengan penyakit ini.  Tampilan seperti ini (benjolan kemerahan + dinding tipis berisi cairan + tepinya tidak rata) adalah ciri khas cacar air. Kira-kira dalam 8 – 12 jam kemudian cairan jernih dalam benjolan tadi akan berangsur-angsur menjadi keruh, kemudian dinding tipisnya akan kempis, meninggalkan bekas luka. Penting diingat bahwa cairan jernih di dalam gelembung ini berisi virus yang sangat menular, namun setelah kempis (dengan sendirinya) tidak lagi dianggap menular. Nah, pertanyaannya adalah berapa lama siklus gelembung ini akan berakhir ? Biasanya terjadi dalam 7 hari, dan terkadang meninggalkan bekas mirip kawah gunung berapi (tanpa api tentunya :) ) Sayangnya, gelembung-gelembung baru akan terus-menerus muncul setiap hari hingga rata, jadi seorang penderita cacar air akan mengalami suatu waktu dimana pada kulitnya ada gelembung yang baru timbul dan ada juga gelembung yang baru kempis. Seorang anak yang menderita cacar air sebaiknya tidak sekolah hingga seluruh kelainan kulitnya kempis. Untuk terjadinya penularan, seseorang tidak harus melakukan kontak fisik dengan penderita. Seseorang yang terjangkit dapat menulari orang lain sebelum mereka mengetahui bahwa dirinya sakit (misalnya sebelum kelainan kulitnya keluar).

Bagaimana dengan ibu hamil dan bayi ?

Seorang ibu hamil yang belum pernah terkena penyakit cacar air, dan dia tidak menderita penyakit gangguan imunitas lainnya; bila ia terjangkit penyakit cacar air, virus di tubuh ibunya dapat menulari bayi dalam kandungannya melalui placenta. Penting untuk diingat : bila infeksi terjadi dalam 28 minggu pertama kehamilannya dapat terjadi sebuah kelainan bernama congenital varicella syndrome atau fetal varicella syndrome (sindroma cacar air pada bayi dalam perut ibu). Efek dari penyakit ini bagi sang bayi bermacam-macam tingkat bahayanya, yaitu :

  • Kerusakan otak : ensefalitis (radang otak), mikrosefal (perkembangan otak terhambat, sehingga otaknya menjadi kecil), hidrosefal (gangguan sirkulasi cairan otak, sehingga otaknya menjadi besar), aplasia otak, dan lain-lain.
  • Kerusakan mata : mikro-oftalmik (ukurannya kecil), katarak, korioretinitis, gangguan saraf mata, dan lain-lain.
  • Gangguan saraf : kerusakan saraf spinal (tulang belakang), gangguan saraf motorik (penggerak) dan sensorik (perasa), hilangnya reflex, sindroma Horner, dan lain-lain.
  • Kerusakan tubuh : kegagalan pembentukan tungkai tubuh (jari, tangan, kaki), gangguan anus dan otot kandung kencing, dan lain-lain.
  • Gangguan kulit : timbul jaringan parut (seperti luka dalam), gangguan warna kulit, dan lain-lain.

Infeksi bayi pada usia tua kehamilan atau sesaat setelah lahir disebut sebagai varicella neonatus. Pada usia kehamilan yang lanjut infeksi cacar air beresiko menimbulkan kelahiran prematur.

Bersambung… (maklum puasa jadi putus-putus ngisinya :) Saya akan segera kembali setelah adzan maghrib)

86 thoughts on “Cacar Air?…. Bahaya nggak ?

  1. apakah bener mitos dibawah ini pak?
    1. tidak boleh kena angin? angin dari AC? angin dari kipas angin?
    2. tidak boleh mengkonsumsi kacang kedelai?
    3. tidak bleh mandi, kecuali mandi air panas?
    4. tidak boleh mengkonsumsi telur?
    itu aja pak thanks

  2. Dear Hendra,
    Mitos tersebut adalah tidak benar. Kecuali yang nomor 1, barangkali ada benarnya; dalam arti begini : penderita cacar biasanya demam, dan cenderung merasa tidak nyaman dengan kipas angin atau ac yang terlalu dingin. Demikian pula dengan nomer 3, itu sifatnya hanya “mana yang membuat penderita merasa nyaman” saja. Orang yang menderita penyakit virus pada umumnya kesakitan seluruh tubuhnya, disertai demam yang (seringkali) tinggi. Karenanya menjaga kenyamanan penderita menjadi penting untuk menghemat energinya.
    Untuk nomor 2 dan 4, justru orang yang sakit dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi protein. Hanya saja perlu diperhatikan cara penyajiannya. :)

  3. dok…saya lom prnh kena cacar sebelumnya,,tapi akhir2 ini timbul gelembung merah di sekujur tubuh saya.yg saya mau tnyakan apa beda herpes dgn cacar air?kemudian.jika lom prnh kena cacar.apa bs langsung terkena herpes?terima kasih atas saran nya

  4. Halo Andre, apa kabar? Serangan herpes tanpa didahului cacar secara teori tidak mungkin, dan saya juga belum pernah sekalipun menemukan satu kepustakaanpun yang menjelaskan kemungkinan itu. Barangkali yang Anda alami saat ini adalah serangan cacar air, dan bukan tertutup kemungkinan infeksi lain. Perlu diketahui, bahwa Herpes tidak menyerang seluruh tubuh sebagaimana cacar, tapi hanya di beberapa tempat yang terlokalisir saja. Semoga dapat membantu :)

  5. dok…
    saya sepertinya terserang penyakit cacar air tp baru 7-8 yg timbul berair… tumbuh pertama di jari tangan terus di paha saya trs baru mulai ke bagian badan… badan saya kemaren jg sempat panas. yg mau saya tanya apa saja makanan yang harus saya hindari kata teman saya jgn makan sayur apa benar? terus saya harus beli obat apa aja? sementara minggu depan saya mulai UTS gmn ya dok? trims….

  6. dok.. kakak saya (33 th) kena cacar sdh 7 hari (mungkin lbh, tahunya mungkin terlambat) dan ukurannya cukup banyak yang besar2, beberapa yg besar yang di punggung pecah sendiri, tapi dari bagian yang pecah itu tadi tidak mengering malahan nutup lagi dan ada cairannya lagi. Pertanyaan saya : apakah pada cacar air bisa terjadi seperti itu? Kalo ya, berapa lama bisa benar2 mengering soalnya kok rasa2nya tidak habis2 cairan-nya. Terima kasih sebelumnya untuk waktunya, dok. :)

  7. Halo Diana. Apa kabar? Cacar air menurut saya tidak ada istilah terlambat, karena dia secara umum akan sembuh dengan sendirinya. Penampilan klinisnya memang berbeda-beda tiap individu, ada yang segera selesai dan ada pula yang lambat selesainnya, tergantung dari imunitas tubuh masing-masing. Bila sudah pecah kemudian menutup kembali dan berair kembali, mungkin ada masalah lain, karena biasanya suatu gelembung yang pecah tidak mengalami hal itu.
    Apakah kakak Anda punya penyakit lain yang melemahkan sistem imunitasnya (penyakit autoimun, penyakit alergi yang sangat berat, atau masalah dengan gizi) ? Bila ada, maka perpanjangan fase sakit nya kemungkinan dapat terjadi. Lebih jelasnya, silakan berkonsultasi langsung ke dokter untuk diperiksa secara fisik dan/atau laboratorik (bila perlu).

  8. Siang Dokter….saya mau tanya anak saya laki-laki umur 8 thn terkena cacar air sudah 3 hari. Adakah obat yg cepat untuk menyembuhkannya dok…? Karena kasihan dia ingin segerah sekolah kembali.
    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam Hangat

    Hendra

  9. Dok terimakasih infonya..
    saya sudah demam 2 hari yang lalu diserati batuk pilek, dan ketika habis mandi pagi ini sekujur badan saya langsung merah dan tidak sampai 4 jam dah mualai timbul bintik dan gelembung, saya segera ke dokter dan dokter memberikan obat yang alhamdulilah bak (maaf mahal :) harga obatnya ),
    badan saya masih lemes.., pertanyaan saya
    1. apakah saya harus opname?
    2. sebenarnya menghitung 7-2 minggu itu dimulai saya demam atau dimulai kapan?

    dok terimakasih sebelumnya…

  10. Dear Miko. Apa kabar ? Opname adalah suatu tindakan yang diperlukan bila :
    1. Anda tidak dapat makan/minum di rumah
    2. Anda memerlukan obat yang harus dimasukkan secara parenteral (suntik) selama beberapa kali
    3. Anda harus bed rest total tanpa gangguan sama sekali.
    Nah… apakah Anda memenuhi kriteria di atas ? Untuk cacar air, biasanya dirawat di rumah saja sudah cukup, dan poin #2 di atas tidak diperlukan.
    Penghitungan waktu (hari) sakit biasanya dihitung sejak mulai munculnya bintik-bintik merah pada kulit.
    Semoga cepat sembuh ya.

  11. dok… Saya hamil 7mgg, anak ke2, anak pertama saya sudh berumur 8bln, dan saya sudah pernah terkena cacar air sekitar 10thn yg lalu, tp sekitar 3hari yang lalu di daerah dada dan sekitarnya muncul merah2 spt cacar air tetapi tidak berair yg kadang terasa gatal. Apakah saya terkena cacar air lg donk? Apakah ada efek terhadap kehamilan saya dok?Apakah bisa menular kpd anak saya yg pertama?

  12. Dear Evie. Apa kabar ?
    Bila Anda sudah pernah terkena cacar air, relaks aja… tidak mungkin terkena cacar air untuk yang kedua kalinya. Ada juga relaps (kambuh) dalam bentuk lain, yaitu herpes, dan ini tidak berbahaya bagi janin. Kelainan kulit yang Anda alami mungkin penyakit lain. Silakan mendatangi dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan fisik.

  13. aswrwb.
    dokter arief, saat ini saya sedang hamil 35minggu 3hari (hari rabu depan 36minggu/9bln). tepat pada usia kehamilan saya yang ke 35 minggu kemarin saya mengetahui bahwa saya terkena cacar air.
    saya sudah browsing di beberapa situs mengenai cacar air pada wanita hamil, namun untuk info bagi ibu hamil pada usia 35minggu keatas tidak jelas. ada yang mengatakan tidak ada masalah, ada yang mengatakan akan lahir premature, ada jg yang mengatakan dapat mengakibatkan kematian.
    mohon dijelaskan scara detail dok.
    apa yang akan terjadi nantinya pd bayi saya ketika lahir, apa yang saat ini terjadi pada janin dalam kandungan saya, dan apa efek dikemudian hari bagi anak saya. thx
    thx dokter arief

  14. Dear Nanda. Wa’alaikum salam w.w.
    Apa kabar ? Tentang problem Anda saat ini, memang tidak ada kepustakaan yang pasti menjelaskan akan cacat atau tidak. Sebagaimana yang saya jelaskan kepada pasien-pasien saya lainnya, keadaan tersebut memang tidak bisa dihindari, tapi dalam banyak kasus hingga akhir kelahiran tidak terjadi apa-apa. Bila Anda baca comment yang masuk tentang cacar air ini, Anda akan menemukan banyak pertanyaan serupa. Yang saat ini sudah melahirkan juga ada, dan anaknya sehat-sehat saja. Jadi jangan panik dulu.
    Usia kehamilan Anda saat ini sudah masuk dalam kategori matur. Besar kemungkinan akan tidak terjadi apa-apa pada sang bayi. Namun saya tidak akan menganjurkan Anda untuk mengabaikan nasehat dokter ahli kebidanan, karenanya saya merekomendasi Anda untuk sesegera mungkin kontrol ke dokter ahli kebidanan Anda untuk minta dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
    Saya doakan semoga kelahirannya sukses dan anaknya sehat ya :)

  15. amiiiin thx ya dok atas jawaban n doanya..

    tapi dok kemarin say browsing lagi ada salah satu artikel yg mengatakan bahwa jika terkena cacar air sekitar 5-21 hari sebelum kelahiran tidak masalah kn sudah mendapat anti body dari sang ibu. namun jika terkena antara 5 haria sebellum kelahiran sd 2 hari setelah kelahian resikonya lebih besar krnbayi blm mendapat anti body dr sang ibu. apakah hal ini bnr?
    sementara pd artikel lain jg ada yg mengatakan bahwa ibu yg terkena cacar air pd 3smester terakhir kemungkinan besar akan prematur. juka dikaitkan dengan hal sebelumnya bagaimana ya dok?
    kemudian jika bayi saya lahir apa perlu langsung diberi vaksin? dan apakah saya masih bisa ttp menjalani proses IMD?
    hx ya dok.. 😀

  16. @nanda:

    Kepustakaan memang bermacam-macam. Saya pribadi tidak setuju dengan pendapat tersebut. Kasus Anda sama persis dengan kasus bp. Anwar yang juga ada di comment saya. Beliau sudah melewati masa kritis tersebut, saat ini anaknya sehat-sehat saja :)
    Bila Anda ragu, datangilah dokter kandungan Anda, dan Anda bisa minta pemeriksaan serta advis yang lebih baik; karena dokter ahli kebidanan/kandungan dapat melakukan pemeriksaan lanjutan dengan lebih leluasa.
    Apa yang Anda maksud dengan IMD ? terlalu banyak singkatan dalam dunia kedokteran, baik resmi maupun tidak resmi; saya takut salah mengartikannya.

  17. dear dr Arief…
    Saya Pria berumur 37 thn. hari minggu tgl 10 mei saya ke dokter utk periksa karena di tubuh saya muncul bintik2 cacar air..sudah muncul sekitar 8 bintik. lalu oleh dokter itu saya dikasih obat Isprinol, Imunos dan obat racikan. Ternyata obat obat ini tidak banyak menolong..keadaan saya bertambah parah..hari selasa 12 mei saya demam tinggi kepala pusing sakit sekali, dan kalo menelan ludah sakit rasanya..Dan BANYAK SEKALI CACAR AIR BERMUNCULAN DI TUBUH SAYA..di punggung, leher, kepala, muka sampai di dalam mulut saya muncul sariawan. Hari rabu saya balik lagi ke dokter itu rencananya ingin komplain..karena menurut saya kenapa ia tidak memberikan Acyclovir tablet..lalu akhirnya dokter itu memberikannya..setelah ia berargumen bahwa ia SANGKA disaat saya pertama datang itu keadaan saya belum parah. (Saya baca di sebuah situs internet..seandainya si dokter cepat memberikan obat yg tepat..maka keadaan saya tidak akan separah ini). Yang saya tidak tahan di kepala dan muka ini pak dr Arief muncul banyak..di kepala benjolan2nya seperti jerawat dan sangat gatal.. Akhirnya dokter saya tersebut memberikan tablet Acyclovir, Albiotin, pamol dan obat racikan. APA YANG musti saya lakukan supaya cepat sembuh dan Cacar air ini tidak keluar terus menerus? karena setiap hari pasti selalu bertambah..Apa perlu saya minta obat yg dosisnya lebih tingi pak?

    Terimakasih pak dokter.

  18. assalamu’alaikum..
    dok saya anita..sdg hamil masuk bulaan ke 7. sudah 3 hari ini saya kena cacar air.emang benar yang dokter bilang kalo mulainya dari tubuh bagian tengah, ke kepala n wajah.sekarang mulai menyerang tangan n kaki. saya kemarin sdh ke dokter kulit di beri obat valvin 3×2 dan sistenol 3×1.katanya obat paten yah dok?tapi kenapa bentol2nya muncul terus…tambah byak dan gatal..
    ada pengaruhnya gak cacar ini dan kehamilan saya yang masuk usia 7 bln ini.makassssih byk untuk jwbnya dok…
    wassalam

  19. Dokter…anak saya umur 1 tahun 6 bulan. Dia memang sejak bayi alergi terhadap susu sapi…sehinga kekebalan tubuhnya tidak sebaik anak yang tidak alergi. Sudah 1 Minggu dia tekena batuk dan pilek….cukup lama juga karena biasanya tidak selama itu. Kemudian setelah batuk dan pileknya mereda muncul bintik merah … awalnya di leher…kemudin muncul di dada dan tangannya. Bintik yang dileher sudah sekitar 2 hari tapi sampai sekarang tidak melepuh….tapi terus muncul bintik2 yang lain. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah yang anak saya derita itu cacar air? Karena dia tidak demam saya mohon jawaban dokter.

    Terima kasih.

  20. Dear Rayi,
    Kemungkinan cacar air bisa saja, namun jelasnya saya harus memeriksa fisik anak Anda. Keluhan demam bisa ada dan bisa pula tidak ada pada penderitanya. Kadang-kadang didapatkan keluhan hanya “loyo” saja, tanpa demam yang berarti. Kemungkinan lain bisa juga alergi terhadap sesuatu. Bila ia ternyata cacar air, kelainan kulitnya bergelembung dan berisi cairan. Harap diketahui bahwa cairan tsb berisi virus dan sangat menular kepada orang lain.

  21. Dear Farhan.
    Seringkali sekali keluar, kelainan kulit tidak akan berhenti meski diberi obat anti viral yang paten sejak pertama periksa. Persangkaan dokter pemeriksa menurut saya cukup wajar, dan tidak ada aturan yang resmi harus begini atau begitu dalam memberikan terapi, karena dokter adalah gabungan dari art (seni) dan science (ilmu), sehingga dari satu dokter ke dokter yang lain mungkin saja berbeda.
    Serangan virus adalah self-limiting disease, atau penyakit yang sembuh dengan sendirinya. Tidak ada gunanya bagi Anda untuk meningkatkan dosis ke yang lebih tinggi. Sebentar lagi insya Allah akan sembuh sendiri kok… :)
    Semoga cepat sembuh yaa.

  22. Ass.wr.wb pak Dr Arief.. tapi di mulut saya jg keluar bnyk sariawan, dimuka muncul banyak juga cacar..ada pula jerawat..seperti terkena serangan panas dalam yang dahsyat..sehingga menyulitkan saya utk makan..sekujur kepala saya sakit..perlukah saya minta diopname saja? thanks..@dr. Arief

  23. Dear dr. Arief,
    Dok, anak saya berumur 9 tahun terkena cacar air dan sdh sembuh. Namun akhirnya saya tertular dan skr lagi demam-demamnya.. Anak saya yang berumur 11 bulan boleh tidak tidur sama saya? Karena dia blm pernah pisah dr saya. Saya juga bingung waktu saya bawa anak saya ke Prof. Anak di Medan, katanya gak boleh makan telur dan seafood. Tp tadi saya ke dokter lain malah dianjurkan makan telur.. Yg benar yang mana sih dok?
    Thanks b4 ya dok..

  24. ass.wr.wb
    Dr arief saat ini saya sedang hamil 16 mgg, saya ingin tanya apakah jika sudah pernah terkena cacar air bisa terkena lg? karena kemarin saya melakukan kontak dengan penderita cacar air dan ketika ditanyakan kepada dokter kandungan, katanya saya bisa terjangkit kembali meskipun sudah pernah kena, apakah itu benar dok??? apakah pernah ada kasus seperi itu???saya mohoh jawaban dari dokter
    terimakasih dokter arief

  25. ass.wr.wb
    dr.arief saat ini saya sedang hamil 7 minggu, beberapa hari ini saya sakit flu dan radang tenggorokan, saya ingin bertanya apakah berbahaya sakit saya ini terhadap janin saya?dan apakah penggunaan antibiotik dianjurkan pada trimester pertama kehamilan, dan jenis obat apa yang aman bagi ibu hamil ?

    terima kasih banyak atas jawaban dokter..

  26. @ Citra Kemala
    Wa’alaikum salam w.w. Belum pernah dilakukan penelitian keamanan suatu obat terhadap ibu hamil secara spesifik. Karenanya penggunaan obat-obatan pada ibu hamil, khususnya pada trimester pertama sangat dibatasi. Pada kondisi darurat biasanya dokter mengambil jajaran antibiotika garis depan (first line therapy) dengan Amoxycillin atau turunannya. Namun, itu bukan berarti aman 100% untuk dipakai. Penggunaan terapi antibiotika tetap harus diberikan hanya oleh dokter. Semoga cepat sembuh ya!

  27. Dear dr. Arief

    Assalamualiakum wr. wb.
    Istri saya terkena cacar dan anak saya yang saat ini berumur 1.5 tahun masih memerlukan ASI dan belum terimunisasi varisela. Yang saya tanyakan selain penularan dari udara dan cairan tersebut, apakah kandungan ASI sang ibu juga ada faktor penularan juga dokter, soal setau saya ASI adalah antibodi terbaik bagi sang anak.
    Sebelumnya saya ucapkan Terima Kasih Banyak atas respon dari pertanyaan saya.

    Walaikum Salam wr. wb

  28. saya mau nanya, kalo cacar air itu agar cepat sembuh sebaiknya berkeringat atau tdk boleh berkeringat ya?? terus apa benar klo terkena cacar air tidak boleh mandi sama sekali?
    terimakasih..

  29. Dr. arief yang baik hati, permisi,saya mau tanya..kalau lenting cacar terpecah secara tidak sengaja (tidak terlalu keras tergaruknya) apakah itu tandanya kita langsung terinfeksi? apakah bekasnya dapat hilang bila kejadiannya begitu? bila ya,,bagaimana caranya? lalu, apakah bekas yang tidak bisa hilanh itu bila kejadian di atas terjadi lalu kita terinfeksi bakteri yg lain? trims atas jawabannya ya Dok..Salam…

  30. Salam kenal…:)
    sy mau tanya, anak sy berapa hari yang lalu terkena batuk pilek, trus agak panas 39″, tiga hari kemudian timbul bintik-bintik merah yg berisikan cairan, kt keluarga sy kemungkinan cacar air n sy kasi bedak caladin karena tidak terlalu banyak belum sy bawa kedokter, lalu besoknya timbul di di muka, punggung, dada dan tangan hanya saja tidak penuh hanya disebagian tempat saja…, dua hari kemudian bintik2 itu mengering, yg ingin sy tanyakan apa memang cacar itu keluar bintik2nya tidak penuh atau seluruh badan? trus apakah kl anak cacar air tidak boleh diamndikan?
    Terima kasih….:)

  31. ass.wr.wb dr arif..

    usia kehamilan saya sktar 24 minggu, 2 hari yang lalu terkena cacar air ..saya telah konsul ke dokter kandungan saya dan dikasih obat anti virus HERCLOV, dan vit.BECOM-C, tapi tdk diberi salep atau bedak,kt dokter saya minta resep ke dokter kulit aja… membaca artikel dokter diatas akan dampak cacar air bagi janin saya sangat takut sekali dok..sampai -sampai saya ga bs tidur takut terjadi sesuatu thd anak saya..
    ..dan apa benar terkena cacar tdk boleh mandi dulu dok.

    terima kasih banyak dan saya amat menunggu jawaban dokter..

  32. Dok, nama saya marry, usia saya 32 tahun,
    sekarang terkena cacar air, sudah 3 hari.
    yang ingin saya Tanyakan? apa nama obat cacar air yang untuk di munum, dan yang dapat menghilangkan becas-becarnya.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  33. Malam, Dok.. waktu SMA saya pernah terkena herpes dan terulang lagi ketika kuliah semester 4.. lha, sekarang waktu hamil 25 mgg saya terserang cacar air dan ini yg pertama… kok bisa ya, Dok? bukannya kata dokter cacar akan kambuh lagi dalam bentuk herpes? lha ini saya belom pernah kena cacar air malah dah kena herpes duluan.. terus, saya periksa ke DSOG, katanya kalo usia kehamilan masuk trimester ke2 ga papa..yg bahaya kalo terjangkit di usia kehamilan trimester ke1 ato ke3, betulkah itu dok? kemudian saya diberi antivirus Valvir, antibiotik Supramox, dan obat penurun demam Intunal-F, bedak Salicyl dan salep Acyclovir.. Obat-obatan itu termasuk kategori amankah untuk janin saya? Saya hanya bisa pasrah dan berdoa selalu agar anak saya lahir sehat dan sempurna. Saya mohon doanya, dok.. Terima kasih.

  34. dok saya sedang kena cacar air sekarang, boleh gak saya vaksin cacar air ? supaya cepat kering dan tidak terlalu menyebar ke seluruh tubuh

Comments are closed.